Jumat, 25 Maret 2011

Ciri-ciri HIV Aids

Diposting oleh Dyana Chinthya di 5:57:00 PM

Penyakit HIV Aids adalah salah satu penyakit menular yang menjangkit di seluruh dunia, tidak hanya di negara-negara barat yang terkenal dengan free sex atau seks bebas, di Indonesia pun penyakit HIV Aids juga sudah menjadi penyakit menular yang mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihal. Pemerintah sebenarnya sudah berusaha meminimalisir penyebaran penyakit menular HIV Aids di Indonesia dengan berbagai cara baik dengan sosialisasi tentang HIV Aids yang dibantu oleh LSM salah satunya menggunakan iklan HIV Aids dan juga pembagian kondom secara menyeluruh. Tapi mengherankan walaupun sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah penyebaran penyakit menular HIV Aids ini malah tiap tahun makin bertambah kasusnya. fikir

Barangkali diperlukan upaya untuk menyadarkan masyarakat Indonesia tentang bahaya HIV Aids, salah satunya yaitu memberkan penyuluhan mengenai tanda-tanda orang terkena HIV Aids. Sudahkan Anda mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri orang terjangkit HIV Aids ? Cara terbaik untuk mengetahui apakah sesorang mengidap HIV / AIDS atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan melalui test darah. Ketika pengujian tidak memungkinkan, ada tanda-tanda tertentu yang bisa menunjukkan apakah seseorang mengidap HIV/AIDS atau tidak, atau minimal megetahui gejala-gejalanya. Harus diingat bahwa seseorang yang mengidap HIV biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda selama paling sedikit beberapa bulan sampai beberapa tahun.

Pada orang dewasa, 3 tanda-tanda utama AIDS adalah:
  1. Kehilangan 10% dari berat badan lebih dari satu bulan tanpa penyebab.
  2. Diare lebih dari satu bulan.
  3. Demam yang berlangsung selama lebih dari satu bulan baik konstan atau datang dan pergi

Pada orang dewasa, 5 tanda minor AIDS adalah:
  1. Batuk kering yang tidak sembuh-sembuh.
  2. Kulit gatal di seluruh tubuh.
  3. Herpes zoster (mirip cacar air, atau disebabkan virus yang juga mengakibatkan cacar air, virus herpes) yang tidak kunjung sembuh.
  4. Candidiasis, yang putih, mengangkat ruam pada mulut, lidah, atau tenggorokan.
  5. Pembengkakan kelenjar (di leher, ketiak, atau selangkangan) dengan atau tanpa infeksi aktif.

Orang dewasa dapat didiagnosis mengidap AIDS, jika memiliki minimal 2 tanda-tanda utama dan satu tanda minor. Tapi, itu sudah cukup untuk membuat diagnosis AIDS jika seseorang mengidap kanker kulit (disebut Karposi, yang biasanya kemerah-merahan, ungu, atau bintik-bintik hitam pada kulit yang dapat menjadi besar dan menyakitkan) atau kriptokokal meningitis (infeksi pada meliputi otak yang menyebabkan demam, leher kaku, sakit kepala, kebingungan, dan ketidakmampuan untuk bangun).

Pada anak-anak, 3 tanda-tanda utama AIDS adalah:
  1. Berat badan, atau pertumbuhan lambat.
  2. Diare berat selama 14 hari atau lebih.
  3. Demam selama lebih dari satu bulan.

Pada anak-anak, 5 tanda minor AIDS adalah:
  1. Kulit gatal di seluruh tubuh.
  2. Pembengkakan kelenjar (di leher, ketiak, atau selangkangan).
  3. Candidiasis (bintik-bintik putih) di dalam mulut, lidah, atau tenggorokan.
  4. Infeksi pada telinga, tenggorokan, dan infeksi lainnya.
  5. Batuk yang tidak sembuh-sembuh.

Semoga dengan sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri HIV diatas mampu membantu Anda dalam menanggulangi bahaya penyakit menular HIV Aids peace

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya :)

 

♫♪♫ Chinthya Dyana♫♪♫ Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting